Website Resmi MAN 1 Cilacap

Pelantikan Pramuka Penegak Laksana di MAN 1 Cilacap: Tanpa Kemah, Namun Penuh Makna

Cilacap, 17 Desember 2023 – Kompleks MAN 1 Cilacap menjadi saksi pelaksanaan pelantikan Pramuka Penegak Laksana selama dua hari yang berlangsung dari tanggal 15 hingga 16 Desember 2023. Acara ini diikuti oleh 60 siswa siswi terbaik yang telah menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum tingkat Laksana dibawah pemantauan para pembina.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pelantikan kali ini mengambil langkah unik dengan meniadakan kemah. Keputusan ini diambil oleh para pembinanya atas pertimbangan situasi dan kondisi yang dianggap tidak kondusif. Meskipun demikian, hal ini tidak mengurangi semangat dan kebersamaan dalam prosesi pelantikan.

Hari pertama dimulai dengan upacara pembukaan yang diselenggarakan secara khidmat di halaman MAN 1 Cilacap. Pembina upacara, Kak Uci Artia, memimpin dengan penuh kewibawaan. Setelah itu, para calon penegak laksana melanjutkan acara pengembaraan dengan rute mengitari desa Slarang, sebelum kembali lagi ke MAN 1 Cilacap.

Tiba di MAN 1 Cilacap, para calon laksana diberi sebuah tantangan untuk mencari balok laksana yang telah disebar di sekitaran kompleks. Kegiatan ini tidak hanya menguji keterampilan mereka, tetapi juga memupuk rasa kebersamaan dan kerjasama di antara mereka. Setelah semua calon laksana berhasil menemukan balok, acara dilanjutkan dengan apel penutupan.

Hari kedua dimulai dengan apel pembukaan yang penuh semangat. Rangkaian kegiatan berlanjut dengan pengembaraan di lingkungan pemukiman sekitar MAN 1 Cilacap untuk melaksanakan bakti sosial. Kegiatan ini menunjukkan bahwa Pramuka bukan hanya tentang keterampilan outdoor, tetapi juga tentang kontribusi positif kepada masyarakat.

Puncak acara terjadi pada upacara pelantikan di akhir hari kedua. Sebagai simbol penyelesaian prosesi pelantikan, para calon penegak laksana secara resmi dilantik. Kak Lutfani, selaku pembina Pramuka, memberikan pesan inspiratif bahwa anggota yang telah dilantik harus memiliki pola pikir dewasa, tidak lagi kekanak-kanakan, dan menjadi contoh bagi anggota Pramuka yang lain.

Sebagai penutup, patut kita berikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang mendukung, khususnya kepada para pembina yang telah menyempatkan waktu, pikiran, dan tenaganya untuk melaksanakan kegiatan semacam ini. Di tengah-tengah kesibukan sebagai pendidik, mereka berhasil menciptakan momen berharga yang akan membekas dalam ingatan dan perkembangan pribadi para calon penegak laksana. Semoga semangat kepramukaan terus berkembang dan menjadi cikal bakal pemimpin-pemimpin masa depan yang tangguh dan berintegritas. (E/N)

AMDIKAR, JAYA!
MAN 1 Cilacap, Madrasahnya Generasi Unggul!

Share this 

Facebook 0
WhatsApp
Twitter
Google+ 0
Email

Tinggalkan komentar